Darjo GAPTEK adalah Blogger yang menyediakan berbagai keperluan untuk dunia IT seperti Tutorial Photoshop, 3D Max, Adobe Ilustrator, Dan Berbagai Sofware yang siap utuk anda download secara mudah

Radiocarbon

Radiocarbon

Ball-dan-tongkat model molekul metana, CH4.Methane adalah bagian dari seri homolog dikenal sebagai alkana, yang mengandung ikatan tunggal saja.


Dalam kimia organik, hidrokarbon adalah senyawa organik yang terdiri sepenuhnya dari hidrogen dan karbon. Hidrokarbon dari satu atom hidrogen yang telah dihapus adalah kelompok fungsional, hydrocarbyls disebut Aromatik hidrokarbon (arena)., Alkana, alkena, Sikloalkanadan senyawa alkuna berbasis berbagai jenis hidrokarbon.

Mayoritas hidrokarbon ditemukan secara alami terjadi pada minyak mentah, di mana bahan organik membusuk memberikan kelimpahan karbon dan hidrogen yang, ketika berikat, dapat menghubung untuk membentuk rantai yang tampaknya tak terbatas.

Jenis hidrokarbon
Klasifikasi untuk hidrokarbon didefinisikan oleh tatanama IUPAC kimia organik adalah sebagai berikut:
1.hidrokarbon jenuh (alkana) yang paling sederhana dari spesies hidrokarbon dan terdiri sepenuhnya dari ikatan tunggal dan jenuh dengan hidrogen.Formula umum untuk hidrokarbon jenuh CnH2n 2 (dengan asumsi struktur non-siklik). Jenuh hidrokarbon merupakan dasar dari bahan bakar minyak bumi dan seringkali ditemukan sebagai spesies linier atau bercabang.Hidrokarbon dengan rumus molekul sama tetapi rumus struktur yang berbeda disebut isomer struktural. Sebagai contoh diberikan dalam 3-methylhexane dan homolog yang lebih tinggi, bercabang hidrokarbon dapat kiral kiral. Jenuh hidrokarbon merupakan rantai samping dari biomolekulseperti klorofil dan tokoferol. 2.hidrokarbon tak jenuh memiliki satu atau lebih ikatan ganda atau tiga antara atom karbon.Mereka yang memiliki ikatan rangkap disebut alkena.Mereka dengan satu ikatan rangkap memiliki rumus CnH2n (asumsi struktur non-siklik) Mereka mengandung tiga obligasi disebut alkuna, dengan rumus umum CnH2n-2.. 3.Sikloalkana hidrokarbon yang mengandung satu atau lebih cincin karbon atom hidrogen yang melekat.Formula umum untuk hidrokarbon jenuh yang mengandung satu cincin adalah CnH2n. 4.hidrokarbon aromatik, juga dikenal sebagai arena, merupakan hidrokarbon yang memiliki setidaknya satu cincin aromatik.

Hidrokarbon dapat gas (misalnya metana dan propana), cairan (misalnya heksana dan benzena), malam atau padatan leleh rendah (misalnya lilin parafin dan naftalen) atau polimer (misalnya polietilen, polipropilen dan polistiren)

Sifat umum.
Karena perbedaan dalam struktur molekul, rumus empiris tetap berbeda antara hidrokarbon, dalam linear, atau "lurus-lari" alkana, alkena dan alkuna, mengurangi jumlah hidrogen yang terikat dalam alkena dan alkuna karena ikatan "diri" atau catenationkarbon mencegah seluruh hidrokarbon jenuh dengan pembentukan ikatan ganda atau tiga kali lipat.

Kemampuan ini melekat dari hidrokarbon untuk obligasi kepada diri sendiri adalah disebut sebagai catenation, dan memungkinkan untuk membentuk molekul hidrokarbon yang lebih kompleks, seperti cyclohexane, dan dalam kasus-kasus jarang, arena seperti benzena.Kemampuan ini berasal dari fakta bahwa karakter ikatan antara atom-atom karbon sepenuhnya non-polar, di bahwa distribusi elektron antara dua unsur agak bahkan karena nilai-nilai elektronegativitas unsur-unsur yang sama (~ 0,30), dan tidak mengakibatkanpembentukan elektrofil.

Secara umum, dengan catenation datang hilangnya jumlah hidrokarbon berikat dan peningkatan jumlah energi yang dibutuhkan untuk pembelahan obligasi karena regangan diberikan atas molekul; dalam molekul seperti cyclohexane, ini disebut sebagai regangan cincin, dan terjadikarena konfigurasi "destabilisasi" spasial elektron atom.

Dalam kimia sederhana, sebagai per valensi teori ikatan, atom karbon harus mengikuti aturan "4-hidrogen", yang menyatakan bahwa jumlah atom maksimum yang tersedia untuk ikatan dengan karbon sama dengan jumlah elektron yang tertarik ke dalam kulit terluarkarbon.Dalam hal kerang, karbon terdiri dari kulit luar yang tidak lengkap, yang terdiri dari 4 elektron, dan dengan demikian memiliki 4 elektron yang tersedia untuk ikatan kovalen atau datif.

Beberapa hidrokarbon juga berlimpah di tata surya.Danau dari metana etana cair dan telah ditemukan di Titan, bulan terbesar Saturnus, dikonfirmasi oleh Cassini-Huygens Misi.





Hidrokarbon dan variasinya.
Jumlah
atom karbon alkana alkena alkuna Cycloalkane Alkadiene
1 Methane - - - -
2 Ethane etena (etilena) Ethyne (asetilena) - -
3 Propane propena (propilena) Propyne (methylacetylene) siklopropana Propadiene (allene)
4 Butana butena (butylene) Butyne cyclobutane Butadiena
5 pentana Pentene Pentyne Cyclopentane Pentadiene (piperylene)
6 Hexene heksan Hexyne Cyclohexane Hexadiene
7 Heptene Heptana Heptyne Cycloheptane Heptadiene
8 Octyne Octene Octane Cyclooctane Octadiene
9 Nonene Nonane Nonyne Cyclononane Nonadiene
10 Decyne dekana Decene Cyclodecane Decadiene

Pemakaian

Hidrokarbon adalah salah satu sumber daya yang paling penting bumi energi.Penggunaan hidrokarbon yang dominan adalah sebagai sumber bahan bakar terbakar.Dalam bentuk padat mereka, hidrokarbon berupa aspal.

Campuran hidrokarbon volatile sekarang digunakan dalam preferensi ke chlorofluorocarbon sebagai propelan untuk semprotan aerosol, karena dampak klorofluorokarbon pada lapisan ozon.

Methane [1C] dan etana [2C] adalah gas pada temperatur ruang dan tidak dapat segera cair oleh tekanan saja.Propana [3C] adalah mudah tetapi cair, dan ada di 'propana botol' terutama sebagai cairan.Butana [4C] begitu mudah cair yang menyediakan bahan bakar, aman volatile untuk pemantik saku kecil.Pentana [5C] adalah cairan bening pada suhu kamar, yang biasa digunakan dalam kimia dan industri sebagai kuat hampir tidak berbau pelarut lilin dan berat molekul tinggi senyawa organik, termasuk gemuk.Heksana [6C] juga banyak digunakan non-polar, non-aromatik pelarut, serta fraksi signifikan bensin umum.

The [6C] melalui [10c] alkana, alkena dan Sikloalkana isomerik adalah komponen atas bensin, naptha, bahan bakar jet dan khusus campuran pelarut industri.Dengan penambahan unit karbon progresif, non-cincin sederhana terstruktur hidrokarbon memiliki viskositas yang lebih tinggi, indeks pelumas, titik didih, temperatur solidifikasi, dan warna yang lebih dalam.Pada ekstrem yang berlawanan dari [1C] metana kebohongan ter berat yang tetap sebagai fraksi terendah dalam penyulingan minyak mentah jawaban.Mereka dikumpulkan dan secara luas digunakan sebagai atap senyawa, komposisi perkerasan, pengawet kayu (creosote seri) dan sangat tinggi viskositas semata-menolak cairan.
Pembakaran hidrokarbon
Hidrokarbon saat ini sumber utama energi listrik dunia dan sumber panas (seperti pemanasan rumah) karena energi yang dihasilkan ketika dibakar.Seringkali energi ini digunakan langsung sebagai panas seperti pemanas rumah, baik yang menggunakan minyak atau gas alam.hidrokarbon yang dibakar dan panas yang digunakan untuk memanaskan air, yang kemudian beredar.Prinsip yang sama digunakan untuk menciptakan energi listrik di pembangkit listrik.

sifat umum hidrokarbon adalah fakta bahwa mereka menghasilkan uap, karbon dioksida dan panas selama pembakaran dan bahwa oksigen diperlukan untuk pembakaran untuk mengambil tempat.The hidrokarbon paling sederhana, metan, luka bakar sebagai berikut:

CH4 + 2 O2 → 2 H2O + CO2 + Energi

Contoh lain dari properti ini adalah propana:

C3H8 + 5 O2 → 4 H2O + 3 CO2 + Energi

CnH2n 2 + (3n +1) / 2 O2 → (n +1) H2O + CO2 + n Energi

Pembakaran hidrokarbon adalah contoh reaksi kimia eksotermik.
Minyak tanah
hidrokarbon Ekstrak dalam bentuk cair disebut minyak bumi (harfiah "minyak batu") atau minyak
mineral, sedangkan hidrokarbon dalam bentuk gas yang disebut sebagai gas alam.Minyak bumi dan gas alam yang ditemukan di bawah permukaan bumi dengan alat geologi minyak bumi dan merupakan sumber bahan bakar yang signifikan dan bahan baku untuk produksi bahan kimia organik.

Ekstraksi bahan bakar hidrokarbon cair dari cekungan sedimen merupakan bagian integral dari pengembangan energi modern.Hidrokarbon yang ditambang dari pasir ter dan serpih minyak, dan berpotensi diekstraksi dari hidrat metana sedimen.Cadangan ini membutuhkan penyulingan dan upgrade untuk menghasilkan minyak mentah sintetis dan minyak bumi.

cadangan minyak di batuan sedimen adalah sumber hidrokarbon untuk energi, transportasi dan industri petrokimia.

Hidrokarbon secara ekonomis penting karena bahan bakar fosil utama seperti batubara, minyak bumi dan gas alam, dan turunannya seperti plastik, parafin, lilin, pelarut dan minyak adalah hidrokarbon.Hidrokarbon - bersama dengan NOx dan cahaya matahari - memberikan kontribusi pada pembentukan ozon troposfer dan gas rumah kaca.

kilang minyak merupakan kunci untuk mendapatkan hidrokarbon.Minyak mentah diproses dalam beberapa tahap yang diinginkan untuk membentuk hidrokarbon, digunakan sebagai bahan bakar dan produk lainnya.

0 Response to "Radiocarbon"

Post a Comment

Tolong setelah membaca harap berkomentar atau membagikan link web site ini.